Tuesday, February 24, 2009

jangan terlalu sering makan sushi ya!!


Ini cerita nyata di Jepang. Seorang kakek, Shota Fujiwara, sering mengeluhsakit kepala membandel adalah penggemar berat makanan khas Jepang SUSHI &SASHIMI.
Kegemarannya ini sudah dimulai sejak dia muda sebagaimana layaknyawarga Jepang lainnya. Namun pada usia lanjutnya kini, dia mengalami sakitkepala yg akut& hebat dalam 3 tahun terakhir, yg praktis membuatnya kesulitan untuk bekerja & menjalani hidup dengan normal. dan sakitnya itu telah membuat kulit batok kepalanya terus membesar. Dan makin terlihat sepertijenong pada ikan Lohan....
Dia telah kehilangan kemampuan psikomotoric-nyasejak 3 tahun lalu. Untuk mengatasi hal itu, dia pergi ke rumah sakit dan menjalani pemeriksaan CT-scan & X-ray utk memastikan penyebabnya. Dokter yang menanganinya menjadi sangat terkejut karena didapati tampilan benda-benda kecil aneh dibawah kulit kepalanya namun masih di luar tempurung otaknya. Dokter kemudian melakukan anastesi lokal dan memutuskan membedah kecil kulit kepalanya, dan........kemudian ditemukan penyebabutamanya. Disitu ditemukan sarang ulat. Sungguh mengerikan.


Kemudian diputuskan untuk melakukan operasi bedah kulit kepala secara total untuk memastikan ulat-ulat tersebut bisa dibersihkan dan infeksi dibawahkulit batok kepalanya bisa disembuhkan.
Jadi, BERHATI-HATILAH MEMAKAN SUSHI & SASHIMI (IKAN MENTAH, GURITA MENTAH , CUMI MENTAH , UDANG MENTAH dsb Ulat seperti yg didapati pada kepala Shota Fujiwara, adalah berasal
dari parasit yg biasa didapat pada tubuh ikan , seafood mentah baik ikanlaut maupun ikan ait tawar. Ulat parasit & telurnya hanya bisa dimatikandgn melalui proses pemasakan dgn panas tinggi (digoreng, dipanggang matangatau direbus mendidih) atau dgn pembekuan -10 degC s/d -20 degC selamalebih dari 1 minggu. Karena itu ingat-ingatlah, untuk memastikan konsumsiikan ? seafood & daging hanya yg sudah melalui prosespemasakan yg benar (digoreng, dipanggang matang & direbus mendidih)




sebenenya gw demen bgt ama sushi.. sekarang gw jadi ilfil ama sushi.. (cieh ilfil.., xixixi)

3 comments:

  • cecilia said...

    sashimi riiik.
    bukan sushi.
    lu thu klo sotoy suka disebar2 ya. hahax

    btw itu soal ftony kita nego aj.
    gw cuma delete 1.
    as a warning ya rik.

    Leon said...

    ini siapa yang nulis?

    cecilia said...

    @leon: erick laah.